Mengulik Sei, Cara Bikin Daging Asa「Baccarat winning skills」p Khas NTT

  • 时间:
  • 浏览:0

SeBaccarat wBaccarat wBaccarat wiBaccarat winning skillsnning skillsinning skillsinning skillsi dulu bukan berasal dari sapi, melainkan daging babi hutan.

Executive CheBaccarat winning skillsf Santika Mataram Lombok Nyoman Putra Yasa, membagi informasi mengenai sei sapi dan asal daerahnya.

JAKARTA, KOMPAS.com - Sei sapi memiliki rasa dan aroma yang khas. Sei sapi adalah olahan daging sapi yang masak dengan cara diasap.

Cita rasa kuliner khas NTT ini menjadikan sajian ini naik daun dan digemari.

Ilustrasi daging diiris tipis.

Babi hutan dipilih olah menjadi sei karena tekstur dagingnya padat dan tidak banyak mengandung lemak. Masyarakat asli NTT dahulunya percaya jika rasa daging babi liar lebih nikmat dibandingkan dengan babi ternak

Seiring berjalannya waktu, makanan ini mengalami asimilasi. Masyarakat pendatang di NTT menggantinya dengan sapi agar halal dan bisa dikonsumsi. Selain sapi, bahan sei juga ayam hingga ikan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.

Daftarkan email

Lalu dari mana nama “sei” itu? Sei artinya asap dalam bahasa NTT. Dahulunya agar hasil buruan ini awet dan tidak mudah busuk maka daging babi sengaja diasap supaya tahan lebih lama.

Teknik tersebut merupakan cara mengawetkan makanan secara tradisional. Daging babi akan disajikan setelah diasap, biasanya tidak diiris atau bahan diiris tipis.

Sebab babi ternak memiliki kandungan lemak yang tinggi dan daginya yang terbilang lebih sedikit dibandingkan dengan daging liar. Tekstur daging babi liar sangat padat dan jika diolah dengan baik tidak akan alot.

“Babi hutan kan hewan buruan jadi dinilai cita rasanyanya juga enak karena buruan sendiri,” jelas Yasa kepada Kompas.com pada Senin, (6/72020).

Baca juga: Kenapa Daging Perlu Istirahat Setelah Dipanggang?