Hujan Lebat Bersihkan Po「Lottery betting」lusi Udara Jakarta, Gunung Gede Pangrango Terlihat

  • 时间:
  • 浏览:0

Sebelumnya, disampaikan Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta, Syaripudin, bahwa penerapan kebijakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) selama pandemi Covid-19 berdampak positif bagi lingkungan, seperti diberitakan Kompas.com, Rabu (17/2/2021).

Kadarsah menjelaskan ada dua jenis debu yang diukur untuk menentukan tingkat polusi udara atau partikulat dalam udara dan atmosfer. Di antaranya partikulat debu 10 mikro meter (PM10) dan partikulat debu 2,5 mikro meter (PM2,5).

Bahkan, saat PSBB dilakukan baru-baru ini untuk menekan penyebaran virus corona, kualitas udara menunjukkan peningkatan.

Lantas, bagaimana hujan lebat membersihkan polusi udara di Jakarta?

KOMPAS.com- Curah hujan lebat yang mengguyur wilayah Jakarta dan sekitarnya, pada Selasa (16/2/2021) menyebabkan polusi udara di ibu kota turum dan memberikan pemandangan Gunung Gede Pangrango yang terlihat di kawasan Kemayoran, Jakarta Pusat.

"Ditambah hujan selama beberapa hari terakhir, sangat signifikan membersihkan partikulat itu, yang dalam bahasa (istilah) meteorologi dan klimatologi disebut dengan pengendapan basah atau wet deposition," jelas Kadarsah.

Baca juga: Libur Imlek, Daftar Wilayah Berpotensi Hujan Lebat dan Cuaca Ekstrem

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.

Daftarkan email

Syaripudin mengatakan kualitas udara dan pandangan langit Jakarta yang tidak lagi berkabut karena polusi udara, membuat pemandangan Gunung Gede Pangrango terlihat di Kemayoran, Jakarta Pusat.

Kendati PSBB turut andil dalam penurunan polusi udara, namun curah hujan yang tinggi ternyata berperan penting dalam membersihkan polutan yang ada di udara.

Foto pemandangan Gunung Gede Pangrango tersebut diunggah oleh akun @wibisono.ari, disertai caption "Pemandangan Gunung Gede Pangrango di Kemayoran Jakarta Pusat Pagi ini, menandakan Kualitas udara sedang bersih Jakartans".

Hal itu disampaikan oleh Kadarsah, Koordinator Bidang Analisis Perubahan Iklim Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) saat dihubungi Kompas.com, Kamis (18/2/2021).

Selama penerapan PSBB yang kali pertama dilakukan pada April 2021, Kadarsah mengakui adanya penurunan partikulat polusi udara di wilayah Jakarta.

Baca juga: Gunung Gede Terlihat dari Kemayoran, Benarkah PSBB Bersihkan Polusi Jakarta?