Doorway「Gaming industry」 Effect, Ini Penyebab Tiba

  • 时间:
  • 浏览:0

SelGGaming industryaming industryanjutnya peneliti Gaming industrymenduga bahwa buGaming industrykan doorway effect yang menyebabkan kelupaan terjadi. 

"Jika otak mengira berada dalam konteks yang berbeda, maka ingatan itu termasuk dalam jaringan informasi yang berbeda," kata Baumann.

Baca juga: Konsumsi Pangan Olahan, Jangan Lupa Baca Labelnya

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.

Daftarkan email

Para peneliti melaporkan, saat eksperimen dilakukan mereka meminta sukarelawan untuk berjalan menyusuri koridor yang dipartisi dan menyaksikan orang lain melakukan rutinitas yang sama saat menyelesaikan tugas memori, hal ini ternyata tidak menunjukkan bukti efek doorway.

Baca juga: Mudah Lupa Hal Penting? Ini Cara Memperbaikinya Menurut Sains

Baca juga: Misteri Tubuh Manusia, Kenapa Ya Kita Bisa Ingat Wajah tapi Lupa Nama?

Jika ingin menghindari situasi kelupaan atau cara mengatasi lupa yang tiba-tiba ini, seperti untuk apa Anda masuk ke sebuah ruangan, Anda harus fokus pada apa yang ingin anda lakukan dan menjaganya agar tidak terganggu oleh hal selain itu.

Bahkan saat peserta studi memiliki tugas mental yang harus dilakukan, besar kemungkinan mereka melupakan sesuatu yang tidak setinggi penelitian sebelumnya, meskipun otak yang sibuk dan kemungkinan besar lebih terbebani.

Melainkan berpindah dari satu lokasi ke lokasi yang sangat berbeda dan perubahan pemandangan yang tiba-tiba itulah yang membuat pikiran kita siap untuk menerima sesuatu yang baru.

Kendati demikian, lebih lanjut para peneliti mengungkapkan terdapat cara untuk mengelola atau mengurangi doorway effect ini di masa depan.

Baumann menunjukkan bahwa kemampuan otak untuk mengelompokkan dan mengelola memori dapat sangat berguna dalam banyak situasi.

"Secara keseluruhan (mengatasi penyebab lupa), hal itu lebih mungkin terjadi daripada Anda harus memiliki satu ruang kerja raksasa tempat semuanya terhubung tanpa sekat atau partisi," pungkasnya.

"Contoh yang biasa adalah berpindah-pindah di department store. Naik lift di antara tingkat ritel mungkin tidak berpengaruh pada ingatan kita, tetapi berpindah dari ritel ke tempat parkir mungkin menyebabkan kita melupakan sesuatu yang perlu kita beli," jelas Baumann.